Kamis, 16 Juni 2016

6 SIFAT SAHABAT


MUQADDIMAH

? Allah swt meletakkan kejayaan manusia dunia dan akhirat dalam agama yang sempurna seperti yang di bawa oleh Rasulullah saw.

? Umat pada saat ini belum ada kekuatan untuk mengamalkan agama secara sempurna

? Para sahabat r.hum telah dapat mengamalkan agama yang sempurna karena mempunyai sifat-sifat yang memberi kekuatan untuk mengamalkan agama secara kaffah. Enam sifat para sahabat itu adalah :

1. Yakin terhadap kalimah thayyibah,
     لاَاِلَهَ اِلاَّ اللهَ مُحَمَّدٌرَّسُوْلُاللهِ

2. Shalat khusu` wal khudu`

3. Ilmu ma`a dzikir

4. Ikramul muslimin

5. Tashhihunniyah

6. Da`wah dan Tabligh

6 Sifat Sahabat Nabi SAW (arti, maksud dan cara mendapatkannya)

1. Yakin dengan hakekat kalimat thoyyibah “laa ilaaha illallah muhammadurrasulullah“.

Kalimat ini adalah kalimat syahadat, persaksian bahwa tidak ada Tuhan yang wajib disembah, melainkan Allah. Maksud dari kalimat ini adalah mengeluarkan keyakinan pada mahluk dari dalam hati kita dan memasukkan keyakinan hanya kepada Allah dalam hati kita.

Adapun keuntungan dari kalimat thayibah bahwa barang siapa yang mati sedangkan dia yakin tidak ada yang berhak disembah selain Allah Swt., maka dijamin masuk surga.

Untuk mendapatkan hakekat kalimat thayibah yakni dengan cara mendawahkan pentingnya iman yakin, Latihan dengan cara memperbanyak membicarakan pentingnya iman dan berdoa kepada Allah agar diberikan hakekat iman dan yakin.

Adapun maksud dari kalimat Muhammadarrasulullah yakni meyakini hanya satu-satunya jalan untuk mencapai kejayaan dunia dan akherat yaitu dengan cara ikut sunnah Rasulullah saw. Fadlilah kalimat ini bahwa Rosul bersabda  Bersabda barang siapa menghidupkan sunnahku sungguh dia cinta padaku, dan barangsiapa yang cinta padaku maka akan bersamaku didalam surga.

Cara mendapatkan hakekat kalimat ini yakni dengan mendakwahkan pentingnya menghidupkan sunnah Rasulullah, kemudian latihan , yaitu dengan cara menghidupkan sunnah dalam kehidupan kita  sehari-hari.

2. Sholat khusyu’ dan khudlu’

Artinya shalat dengan konsentrasi batin dan merendahkan diri dengan mengikut cara yang dicontohkan oleh Rasulullah saw. maksudnya adalah membawa sifat-sifat ketaatan kepada Allah Swt didalam shalat kedalam kehidupan sehari-hari.

Fadlilah dari shalat khusyu dan khudlu bahwa Allah berfirman Sesungguhnya shalat dapat mencegah dari perbuatan keji dan mungkar. Dalam hadits lain Carilah pertolongan Allah dengan sabar dan shalat.

Cara mendapatkannya yaakni dengan mendakwahkan pentingnya shalat, kemudian latihan memperbaiki kwalitas shalat baik syariatnya maupun hakekat shalat

3. Ilmu ma’adzikir

Ilmu artinya semua petunjuk yang datang dari Allah Swt melalui baginda Nabi Muhammad saw.
Dzikir artinya mengingat Allah sebagaimana agungnya Allah. Adapun maksud dan tujuan Ilmu ma’adzikir yaitu mengamalkan perintah Allah Swt. pada setiap saat dan keadaan dengan menghadirkan keagungan Allah didalam hati dan mengikuti cara yang dilakukan oleh Rosul Muhammad saw.

Keuntungan atau fadlilah ilmu yaitu Rosulullah  saw bersabda  Apabila Allah menghendaki kebaikan pada seorang hamba, maka Allah akan memberikan kefahaman kepada agama. Dalam sabda yang lain Rosulullah menyatakan bahwa Barangsiapa berjalan mencari ilmu maka akan Allah mudahkan untuknya jalan menuju surga.

Adapun keuntungan dzikir adalah Rasul bersabda  Perumpamaan orang yang berdzikir dengan orang yang tidak berdzikir adalah seperti orang yang hidup dibandingkan dengan orang yang mati.
Cara mendapatkan ilmu maadzkikir adalah dakwahkan pentingnya ilmu maadzikir,  kemudian duduk dalam majlis ilmu, dan berdoa kepada Allah agar diberi hakekat ilmu, dan hendaknya melakukan dzikir kepada Allah dengan membaca tashbihat, shalawat dan istighfar masing-masing sebanyak 100 bada shubuh dan ashar.

4. Ikromul Muslimin

Arti ikromul muslimin adalah  Memuliakan sesama muslim, maksudnya adalah Menunaikan hak-hak sesama muslim tanpa  meminta hak daripadanya. Adapun keuntungannya bahwa Rasul bersabda
Barang siapa menutup aib saudaranya yang muslim maka Allah akan menutup aibnya dan barang siapa membuka aib saudaranya yang muslim maka Allah akan membuka aibnya sampai dia akan dipermalukan di rumahnya sendiri.

Adapun cara mendapatkannya adalah dakwahkan pentingnya ikramul muslimin, dan latihan dengan menyampaikan salam kepada orang yang dikenal maupun yang tidak dikenal, kemudian menyayangi yang muda, menghormati yang tua, memuliakan ulama

5. Tashihun niat

Tashihun niat artinya meluruskan niat, maksud dan tujuannya adalah Membersihkan niat pada setiap amalan semata-mata hanya karena Allah Swt. Adapun yang keuntungannya adalah Rosul bersabda “Sesungguhnya Allahtidak akan menerima amalan seseorang kecuali dengan ikhlas” Bersabda yang lain  : Wahai Muadz jagalah keihklasan karena amal yang ikhlas walau sedikit akan mencukupi.

Adapun cara mendapatkannya yakni dengan cara mendakwahkan pentingnya ikhlas, Latihan dengan cara : setiap beramal periksa niat kita, sebelum beramal, ketika beramal dan setelah beramal, bersihkan niat agar semata-mata hanya karena Allah.

6. Da’wah dan tabligh khuruj fi sabilillah

Artinya adalah mengajak, Tabligh menyampaikan dan khuruj fisabilillah adalah keluar di jalan Allah.
Maksud dan tujuannya adalah Memperbaiki diri, yaitu bagaimana agar dapat menggunakan harta diri dan waktu sebagaimana yang diperintahkan Allah.

Fadhilahnya adalah Allah berfirman : dan adakah yang perkataannya lebih baik daripada seseorang yang mengajak manusia kepada Allah. Adapun cara mendapatkannya dengan  mendakwahkan pentingnya dakwah dan tabligh. Kemudian latihan dngan cara keluar dijalan Allah minimal 4 bulan seumur hidup, 40 h setiap tahun, 3h setiap bulan dan 2,5 jam setiap hari.

Demikianlah arikel tentang mudzakarah 6 sifat para sahabat  Nabi, semoga memberikan manfaat bagi kita semua, Wassalam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar